Kaki yang dingin perbesar resiko terkena flu

Dalam cuaca yang dingin, memakai kaos kaki yang hangat dan pakaian tebal memang terasa nyaman dan menghangatkan tubuh. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kaos kaki bisamengurangi resiko masuk angin dan flukarena kaki yang kedinginan bisa meningkatkan resiko terkena virus flu.
Dr. Ron Eccles, kepala dari Common Cold Centre di Cardiff University telah meneliti masalah ini lebih dari 25 tahun dan menulis hasilnya dalam sebuah jurnal. Banyak orang sudah memilikivirus fludi dalam hidung tanpa menyebabkan gejala-gejala sakit, katanya kepada MailOnline.
Tapi jika suhu kaki mereka turun, maka mereka akan mengalami perubahan di seluruh tubuh yang membuat hidung mereka dingin, katanya. Hal ini meningkatkan resiko terkena flu. “Kaki yang dingin menyebabkan pembuluh darah di hidung menyempit,” katanya.
“Jika Anda tidak ingin terkena flu, Anda harus menjaga hidung dan kaki Anda tetap hangat,” kata Dr Eccles.
Baru-baru ini peneliti Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa virus flu berkembang biak dengan mudah di suhu 33 derajat celcius. Selain itu, sistem imunitas tubuh juga tidak bekerja dengan baik di suhu itu sehingga virus flu bisa leluasa bergerak.
Tapi mulut yang dingin tidak meningkatkan resiko terkena flu. “Jadi Anda bisa makan es krim dengan gembira di musim dingin,” tambah Dr. Eccles.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu nganchuk crew AYO MENDEM

sel saraf sensorik,motorik dan intermediet

Lirik lagu nganchuk crew ayo ngombe arak