Pengertian,fungsi dan macam macam Ragum

Pengertian,Fungsi dan Macam macam Ragum

Pengertian Ragum ialah alat yang digunakan untuk menjepit benda kerja. Benda kerja ada banyak macamnya ada besi,kayu,triplek dan sebagainya.

Cara membuka Rahang Ragum
Putar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) maka batang berulir akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut, begitu pula sebaliknya untuk pekerjaan pengikatan benda kerja tangkai pemutar diputar ke arah kanan (searah jarum jam).


Jika anda memperhatikan Rahang penjepit daripada Ragum pasti ada 2 buah landasan terbuat dari besi tuang yang permukaannya biasanya diberi parutan bersilang
Hal itu bertujuan agar penjepitan lebih kuat dan tidak licin. Dengan begitu jika menjepit benda kerja yang halus dan dikawatirkan akan rusak permukaannya maka sebaiknya untuk memberi lapisan pelindung berupa plat yang dapat menjaga permukaan benda kerja tersebut. Akan Tetapi ada juga jenis ragum kerja bangku yang rahang penjepitnya dibuat rata dan halus (digerinda), yang mana jenis ragum ini dipakai untuk menjepit benda kerja yang sudah memiliki permukaaan rata.

Jenis Jenis Ragum
Secara umum Ragum dibagi menjadi 3 yaitu
1. Ragum biasa. Ragum ini difungsikan untuk menjepit benda kerja yang bentuknya sederhana dan biasanya hanya dipakai untuk mengefrais bidang datar saja.
2. Ragum berputar . Ragum ini dipakai untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle(poros putar). Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa tetapi pada bagian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar 360 derajat.
3. Ragum universa l. Ragum ini memiliki dua sumbu perputaran, sehingga dapat diatur letaknya secara datar dan tegak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu nganchuk crew AYO MENDEM

sel saraf sensorik,motorik dan intermediet

Lirik lagu nganchuk crew ayo ngombe arak