Transformator Arus dan Tegangan

Trafo Arus dan Tegangan
Transformator arus atau Current Transformer (CT) adalah transformator yang berfungsi untuk Memperkecil besaran arus listrik (Ampere) pada sistem tenaga listrik menjadi besaran arus untuk sistem pengukuran dan proteksi.

Fungsi

Mengisolasi rangkaian sekunder terhadap rangkaian primer, yaitu memisahkan instalasi pengukuran dan proteksi dari tegangan tinggi.

Memungkinkan standarisasi rating arus untuk peralatan sisi sekunder.
Transformator potensial/Tegangan di gunakan untuk menghubungkan kumparan-kumparan primernya secara pararel dengan beban, dan kumparan sekundernya dihubungkan dengan sirkit tegangan dengan volt meter atau watt meter dengan cara ini kumparan sekunder dan kumparan primer di isolasikan secara cukup dari satu ke yang lainya,sehingga tegangan tinggi bisa di transmisikan ke tegangan rendah , .

Untuk pengukuran dengan aman dalam banyak penggunaan maka tegangan primer di bawah 300 kv. Pada transformator potensial, suatu kesalahan negatif sering terjdi, yang di sebab kan oleh magnitisasinya. Untuk mengkompensaikan kesalahan ini , maka jumlah lilitan pada tegangan primer sedikit di kurangi dari pada rasio nominal dari lilitan-lilitanya. Cara-cara isolasinya adalah sama untuk transformator arus memperhariakan transformator yang biasa di gunakan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu nganchuk crew AYO MENDEM

sel saraf sensorik,motorik dan intermediet

Lirik lagu nganchuk crew ayo ngombe arak