Motor Split Phase



Pengertian Motor Split Phase ,Motor induksi satu fasa,Apa itu sakelar sentrifugal ?,Fungsi sakelar sentrifugal,berapa torsi motor split phase ? Cara meningkatkan putaran motor split phase ?

Siapa sih yang tidak kenal motor listrik,bagi anak listrik motor listrik dipelajari step stepnya dari penggulungan kawat email,menjalankan motor listrik,hubungan hubungan pada motor listrik.
Pada saat ini saya khusus membahas motor spit phase ,

Apa itu motor split phase ?
Motor Split Phase (resistance-star motor) adalah suatu motor induksi satu fasa yang memiliki dua buah kumparan pada bagian statornya.

Kumparan tersebut yaitu kumparan utama ( main stator winding ) dan kumparan bantu (auxilary stator winding )

Perbandingan nilai resistansi dan
reaktansi kumparan utama dengan kumparan bantu pada motor split phase bisa disimak di bawah ini :

- Maka pada kumparan utamanya mempunyai suatu nilai resistansi yang kecil dan reaktansi yang besar.
Begitu pula pada kumparan bantu mempunyai nilai resistansi yang besar dan reaktansi yang kecil.

- Biasanya untuk mendapatkan suatu nilai resistansi yang besar pada kumparan bantu dapat dilakukan dengan memasang tahanan seri atau dengan menggunakan kumparan yang mempunyai tahanan tinggi.

- Bila diambil suatu penggambaran tentang motor split phase jika arus Is yang mengalir di kumparan bantu tertinggal dari tegangan V dengan sudut yang sangat kecil, sedangkan arus lm yang mengalir di kumparan utama tertinggal dari tegangan V dengan sudut yang besar. Sudut fase antara lm dan is dibuat sebesar mungkin karena torsi yang dihasilkan sebanding dengan Sin Ɑ.

Sakelar sentrifugal diletakkan secara seri dengan kumparan bantu dan terletak di bagian dalam motor.

Apa sih Fungsi sakelar Sentrifugal ?
 Fungsi sakelar sentrifugal adalah sebagai alat pemutus otomatis suplai tegangan dari sumber ke kumparan bantu, apabila putaran motor telah mencapai 75 % dari kecepatan nominal motor.

Berapa torsi yang dihasilkan motor split phase ?
Saat star, torsi yang dihasilkan motor split phase berkisar antara 150%-200% dari torsi beban penuh. Sedangkan arus startnya bisa mencapai 6 sampai dengan 8 kali arus nominal motor.

Pada umumnya motor split phase digunakan untuk daya yang kecil hp paling besar adalah 1 hp dengan putaran dari 865 Rpm sampai 3.450 Rpm.

Bagaimana cara mengubah kecepatan motor split phase ?
Di dalam Motor Split Phase, ada cara untuk mengubah kecepatan motor split phase menjadi dua kecepatan yang dengan cara yang umum dilakukan pada putaran yang searah, yaitu dengan cara menambah jumlah kumparan utama dengan kumparan bantu tetap, menggunakan dua kumparan utama dan dua kumparan bantu, dan yang terakhir dengan menggunakan hubungan khusus, yaitu hubungan consequent-pole tanpa menambah kumparan utama atau kumparan bantu.

Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu nganchuk crew AYO MENDEM

sel saraf sensorik,motorik dan intermediet

Lirik lagu nganchuk crew ayo ngombe arak